Perkembangan dunia fashion di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang
sangat pesat dengan dukungan kreativitas dan inovasi designer-designer muda Indonesia
dalam membuat karya-karya unik & bernilai jual lebih di pasar Indonesia,(Sumber:
http://forum.kompas.com diakses pada tanggal 1 juni 2013).
Industri fashion merupakan
sektor terbesar kedua yang harus dikembangkan. Sumbangan industri fashion
pada tahun 2010 yaitu 128 triliun, dan pada 2012 menyumbang 264 triliun. Secara
presentase,fashion menyumbang 7% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.
Sementara itu, penyerapan tenaga kerja bidang fashion pada tahun 2012 mencapai
3,8 juta orang dari 11, 8 juta pekerja, (sumber : budpar.go.id diakses pada tanggal 12
juni 2013).
Hal ini berarti industri fashion semakin berkembang dari tahun ke tahun,
sehingga mendorong munculnya designer–designer muda dari berbagai kota di Indonesia
dengan merek lokal yang meramaikan industri fashion saat ini seperti tas branded batam contoh nya.
Merek lokal merupakan salah satu produk yang patut diperhitungkan, karena
semakin lama merek lokal semakin banyak diminati, terbukti dengan semakin banyak
merek lokal yang memasuki industri di Indonesia terutama Industri kreatif.
Bahkan
dengan didukung adanya internet, banyak merek lokal yang sudah bisa memasuki
pasar global. Saat ini terdapat gerakan 100% Cinta Indonesia yang juga di dukung
oleh beberapa Badan Usaha Milik Negara, yang gencar disosialisasikan di media cetak
seperti kompas. Serta media elektronik dengan iklan “aku cinta Indonesia” agar
kita bangsa Indonesia lebih cinta terhadap produk lokal dibanding produk asing yang
masuk ke pasar Indonesia, (sumber: kompas.com diakses tanggal 17 juni 2013).
Contoh nyata dari gerakan 100 persen cinta Indonesia di bidang fashion adalah
dengan adanya event fashion seperti Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week,
Trademark, Lookats Market, Pop Up Market, dan Brighspot Market sebagai bentuk
apresiasi bangsa Indonesia untuk mendorong perkembangan dunia fashion lokal, dan
memberikan kesempatan lebih banyak untuk merek lokal, sehingga bisa dikenal oleh
masyarakat luas. Event – event ini sangat membantu meningkatkan kecintaan dan minat
beli masyarakat Indonesia terhadap merek lokal, hal Ini dapat dilihat dari jumlah
pengunjung yang datang ke event lokal ini.